Rabu, 05 Mei 2010

Dapatkah Komputer Cerdas Menggantikan Kecerdasan Manusia?

Kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang sulit dilakukan dan memecahkan segala permasalahan. Manusia yang cerdas dapat menyelesaikan permasalahannya karena hasrat ingin mengetahui sesuatu. Dengan belajar manusia perlahan -lahan membangun mimpinya untuk meraih sesuatu dan membuat segala macam jenis peralatan. salah satu hasil karya manusia adalah komputer, komputer pada awalnya dibuat berhubungan dengan ilmu matematika, suatu alat yang digunakan dalam pekerjaan matematis. Komputer zaman sekarang telah merambah ke segala bidang kegiatan manusia dan ilmu komputer terus berkembang seperti tidak ada ujungnya.

apakah itu komputer cerdas? yaitu kecerdasan yang dimiliki manusia di masukan ke dalam komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia yang disebut sebagai kecerdasan buatan(artificial intelligence). Kecerdasan buatan ini merupakan bagian dari cabang ilmu komputer yang tujuannya untuk membuat mesin menjadi lebih pintar dan bermanfaat untuk manusia. Bagian penelitian (artificial intellegence) disingkat AI adalah games, natural language, robotik dan expert system.

Games dibuat dengan berbagai peraturan yang di lakukan oleh programmernya untuk memberikan hiburan dan bahkan kini di gunakan di dalam dunia pendidikan, seperti dalam ilmu matematika. matematika adalah ilmu yang sangat dihindari oleh kebanyakan siswa, dengan kemasan permainan (games) diharapkan siswa menjadi tertarik dan menyukai ilmu matematika.

Natural language suatu tekhnologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk dapat memahami bahasa manusia, sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer, contohnya pengguna dapat memberikan perintah untuk menjalankan tugasnya di komputer dan sekarang bahasa bukan lagi menjadi masalah yang signifikan untuk berkomunikasi antar individu. Di internet kita bisa menggunakan google translate untuk mengerti tulisan dari bahasa yang tidak kita kuasai.

Robotik suatu tekhnologi yang dibuat untuk segala keperluan manusia dan menggantikan peran manusia yang bersifat sulit, membahayakan dan lain sebagainya. salah satu contohnya robot untuk menjelajah planet mars, untuk menjinakan bom bahkan mengganti peran resepsionis.

Expert system (sistem pakar) suatu perangkat lunak komputer yang berisi pengetahuan para pakar di bidang ilmunya masing-masing yang disimpan ke dalam komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang spesifik dan menghemat waktu dan dapat di gunakan oleh individu yang bukan pakar tapi cukup tahu dasar menjalankan program yang telah di buat. Salah satu contoh sistem pakar yaitu digunakan dalam menghitung pajak, mendiagnosis penyakit, dan yang sangat terkenal saat garry kasparov seorang juara dunia catur melawan komputer yang di beri nama deep blue. Komputer deep blue itu itu memiliki pengetahuan jutaan langkah- langkah catur, mulai dari pembukaan, permainan tengah sampai permainan akhir.

Kesimpulan: Bagaimana pun hebatnya kemampuan komputer dari penjelasan di atas tentunya semua itu dirancang oleh manusia dan jika ada pertanyaan dapatkah komputer cerdas menggantikan kecerdasan manusia? maka tentunya tidak karena komputer cerdas itu dibuat oleh kecerdasan manusia. Komputer itu cerdas saat diberikan perintah oleh pengguna komputer itu sendiri.Komputer itu sendiri bersifat statis dan manusia sangat dinamis. Komputer hanya menjalankan apa yang sudah disimpan dan tidak memiliki kemampuan untuk menilai, merasa mengambil kesimpulan yang bersifat emosional.

0 komentar:

Posting Komentar

 
MINDKAMIL @2009 Gallery Template Ajah by ireng_ajah

Supported Free Money Info and Product and Service | Banner code by Code-Code-an

Best view with Mozilla Firefox