Kamis, 17 Desember 2009

PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PERILAKU ORANG DEWASA


Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. 
Facebook Situs jejaring sosial nomor satu di Indonesia.  Para pengguna facebook,  selain untuk berinteraksi dengan temannya dapat pula dijadikan untuk melakukan kegiatan usaha,  kampanye, keluhan, mencari pasangan dan segala kepentingan lainnya. hampir dari segala lapisan masyarakat yang selalu update pengetahuan, terutama yang sering berhubungan dengan internet mengenal facebook, bahkan mendaftar menjadi anggota facebook. Intensitas para pengguna facebook di dominasi remaja akhir dan  orang dewasa. dengan pertimbangan biaya dan internet yang bukan saja mengunjungi facebook, tapi dapat menuju ke situs-situs lainnya. dengan kemudahan facebook yang sudah terkoneksi dengan handphone maka kemudahan berinteraksi dapat dilakukan dimanapun individu tersebut berada selagi handphone mendapat sinyal.  Facebook memiliki berbagai pengaruh perilaku bagi individu baik positif maupun negatif.



Pengaruh positif diantaranya : 
 
Dengan Facebook individu bisa bertukar pikiran dengan sangat mudah. Pertukaran informasi difasilitasi dengan sangat bagus. Sebagai contohnya ketika kita butuh sesuatu atau ingin tahu tentang sesuatu tinggal kita tuliskan dalam status maka akan banyak respon dari teman kita, mencari teman  tinggal klik, dan fasilitas lainnya.

Facebook dapat juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan suatu ide, menjual produk usaha , berkeluh  kesah dengan teman, minta bantuan dengan sangat cepat. Membangun komunitas, memberi informasi atau undangan untuk menghadiri suatu acara.

Dapat menjadi latihan mengetik, memamerkan hasil karya kepada teman-teman tanpa harus malu dan grogi dan berbagai manfaat lainnya sesuai dengan kebutuhan individu -individu masing-masing. Para pengguna juga dapat mengekspresikan ide dan pemikirannya yang dapat dilihat puluhan orang bahakan ratusan orang.

 
Pengaruh negatif diantaranya :
 
Tulisan tak lagi sesuai dengan kaidah ejaan bahasa indonesia, dan ini menghambat proses kemampuan pengertian kata-kata dalam kamus bahasa indonesia. Hilangnya interaksi tatap muka untuk berbicara, karena telah di gantikan melalui facebook. 
Digunakan untuk mencari pasangan untuk kebutuhan biologis yang jahat, seperti yang terjadi di Inggris, seorang pria Inggris yang dijuluki sebagai 'The Sperminator' menghamili sedikitnya 12 wanita yang dirayunya melaluli jaringan facebook.
Tersebarnya data penting tanpa di sadarinya, photo yang tak semestinya tampil akibat ketidakmampuannya memahami tekhnologi. Terutama wanita yang sangat sering berphoto ria dangan berbagai gaya.
Individu yang kecanduan Facebook dapat menyebabkan melemahnya kekebalan tubuh, menurunkan tingkat hormon, dan fungsi urat nadi, juga merusak penampilan mental (impair mental performance). Bahkan, kecanduan FB juga dapat meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan, seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan pikun.
 dalam keadaan bosan individu beralih bermain game online yang tersedia di facebook yang dapat menjadikan kecanduan, sehingga dapat menggangu aktivitas yang begitu penting, seperti belajar karena game di disain untuk menjadikan seseorang kecanduan.


http://www.romeltea.com/tag/pengaruh-facebook/


http://besteasyseo.blogspot.com/2009/11/dampak-negatif-facebook-jejaring-sosial.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
MINDKAMIL @2009 Gallery Template Ajah by ireng_ajah

Supported Free Money Info and Product and Service | Banner code by Code-Code-an

Best view with Mozilla Firefox